Lukisan Senja [photo-edit]

Gambar di atas, menurut kalian bagaimana? Sudahkah gambar di atas punya penjiwaan? Sudahkah gambar di atas punya cerita? Sudahkah gambar di atas punya nyawa?

^-^v Aku ceritakan ya asal mula asal gambar itu. Kira-kira dua bulan lalu, aku mulai bergabung dengan teman-teman facebook yang bergelut di fotografi. Memang ada kecintaanku di sana, dan ada pula kekagumanku disana. Mereka semua memiliki mahakarya luar biasa. Dan tidak ada yang bisa membuat kita berhenti mengagumi karya mereka *terutama bagi yang memiliki hati lembut dan peka.

Aku, dengan dimulai dari ke-soktahu-an, jadi betah ngasih comment ke foto-foto maestro mereka. Dan, tergeraklah ketika ada yang memanas-manasin, buat berani unjuk gigi putih. So? Aku mulai buka koleksi lama, dan ternyata bener aja ke-parno-an ku, hasil foto ku ini menurut mereka KURANG BAGUS! *bahasa halus dari JELEK ^-^v xixi….
Tapi gak se-buruk itu kok reaksi mereka. Kebanyakan justru mendukung buat lebih banyak berlatih, dan mereka kasih masukan berupa “Lainkali dipertegas apa POI-nya (Point Of Interest)” , dan juga ada komentar “Batu yang besar pertama itu dihilangkan aja, mengganggu”, atau juga “Lebih seru harusnya kamu foto jalan setapaknya, biar ada cerita dan lebih memiliki POI”. ^___^v, ada puluhan comment di foto itu, benar-benar senang melihat mereka membahas foto amatir ini saat dipajang di FB.

Hm,,, demi menghibur diriku sendiri, aku mulai membuat edit foto yang hasilnya seperti hasil akhir di foto paling atas itu. Biarpun awalnya dari foto gagal, tapi setidaknya, masih bisa aku permak supaya memiliki cerita tentang CERITA YANG AKU MAU. Ya kan? *iya gak ya?* Mungkin betul, karya edit foto Lukisan Senja itu gak akan ada kalau saja tidak ada foto gagal ini. ^-^v

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Salam kreatif dari Wiwied yah. Semua boleh pamer karya buat aku. Pasti bisa jadi sumber inspirasi juga buatku terus berkarya.
Semangaatttt!!!!
Posted on Tuesday, May 11, 2010 by W i e d e s i g n a r c h and filed under | 25 Comments »

25 comments:

Gema said... @ May 11, 2010 at 4:15 PM

pratices make perfect yah ceritanya :)

Lily Kasim said... @ May 11, 2010 at 4:20 PM

pertamax...aku kurang mengerti teknik fotografi..tapi touching kedua emang lebih bercerita...ikuti kata maestro ya untuk berlatih..^^

Skydrugz said... @ May 11, 2010 at 7:54 PM

sama seperti TFD di atas, sy jg ndak ngerti soal fotografi. semua foto terlihat sama bagiku :D

selama itu bisa dilihat...dan dimengerti...semua foto bagus :D

ariefborneo said... @ May 11, 2010 at 8:42 PM

Foto na Penuh makna...berjiwa seni..foto ni qw beri nma jiwa yg sepi,g mna setuju ga wied?alasan na d krna kan loksi na yg tenang n sepi...naice blog n naice artikel

Ms. Hesty said... @ May 12, 2010 at 9:04 AM

sama.. aku juga gag ngerti gambar" gt.. ngerti nya yaa yg keliatan nya ajah.. xixixi

aku gag ngerti pa itu POI"-an.. heheh
tapi gambar yg kamu buat lucu jadi serasa kartun.. xixii

marimenulis said... @ May 12, 2010 at 2:56 PM

wied, menurut saya bagus lo hasil edit-an nya, cuma kerasa seperti sangat digital sekali, seperti bukan berasal dari photo asli gitu. susah bagi saya ngerasain mood photo nya jadinya :) (ceileee mood....)

Unknown said... @ May 12, 2010 at 5:02 PM

MANTEP...kreatif bgt wied...ajarin dong.... hihihi...

Kang Sugeng said... @ May 12, 2010 at 6:16 PM

Wow... fotonya keren bngt Non... detailnya kelihatan, focusnya pas bngt, cahaya lampu kan? dan latarnya sangat sesuai, benar2 mirip lukisan. editan yg mantab

9ete said... @ May 12, 2010 at 9:38 PM

wah sy jg suka jeprat jepret walo ga gitu ngerti hahahaha :D tapi emang itu potonya gak jelas mana objeknya.. :)

Gudang Ilmu said... @ May 13, 2010 at 6:16 AM

saya juga gak ngerti tentang foto2
tapi maaf nie baru berkunjung baru pulang dari jogja
kunjungan wisata

YASIIN said... @ May 13, 2010 at 9:46 AM

editannya bagus!
makasih udah sharing ^^!

catatan kecilku said... @ May 13, 2010 at 8:55 PM

kalau gitu.., jangan bosan utk terus berlatih deh.
BTW, caranya merubah foto gagal menjadi lukisan senja itu gimana ya..?

TUKANG COLONG said... @ May 14, 2010 at 3:13 AM

mau komen jujur ato bo'onk nie?
hehehe
yah setidaknya kamu lebih pandai dari aku yang gag bisa ngedit poto.hehe

Nirmana said... @ May 16, 2010 at 5:26 AM

tetep semanagt berlatih kreatifitas

Sun's said... @ May 18, 2010 at 9:27 AM

Wawwww......waaaawwwwww,,,,,

Unknown said... @ May 19, 2010 at 3:31 PM

kunjungan perdana
sebenernya aq suka ma photografi
tp aq lum tau apa2 tentang fotografi
ijin follow kalau berkenan follow back iaph :)
salam persahabatan

Pojok hobie said... @ May 31, 2010 at 2:07 PM

Kalo aku komen tentang fotomu, kamu gak akan puas karena aku bukan seorang ahli, tapi aku suka melihat pantulan cahayanya seolah menyala di atas bebatuan itu... jadi membuatnya lebih hidup..aku juga suka puisi2-mu.
Oh ya blognya ada 2 yah ? aku dah follow tuh ditunggu follow baliknya...

surya pixel hunter said... @ June 4, 2010 at 4:17 AM

terlihat seoerti mencoba memberikan permainan efek lighting..sudah keren tuh tekniknya tapi sayang penguasaan warna nya..sama sekali ga macthing sama form asli potonya..sepertinya masih setengah setengah .. nih komen dari newbie juga..^^..

buwel said... @ June 6, 2010 at 10:58 PM

ikut ngedoain ajah.. moga sukses di fotografinya...

achen said... @ June 6, 2010 at 10:59 PM

go wied2 go...

Unknown said... @ June 9, 2010 at 2:12 PM

aku suka hasil editannya :) jadi lebih hidup, sayang background yg ada puisinya terasa kosong, mungkin lebih baik jika dipenuhi tulisan (sok tahu hehehe) btw salam kenal :)

om_rame said... @ June 12, 2010 at 1:45 AM

saya sebagai orang awam dibidang fotografi hanya meniLai dari sudut pandang rasionaLitas saja, tanpa didasari niLai-niLai seninya. kaLo makna gambar tersebut dapat saya pahami, yah saya katakan bagus dan sebaLiknya.

om_rame said... @ June 14, 2010 at 9:23 PM

orang yang berhasiL adaLah orang yang pernah mengalami kegagaLan namun ia mau untuk bangkit dari kegagaLannya.
--------------
kunjungan di awaL pekan, seLamat istirahat.

BALI BLOG said... @ June 28, 2010 at 12:21 PM

practice makes perfect 0_0
keep up the good work!

Geafry Necolsen said... @ March 16, 2011 at 3:52 PM

ngomong2 soal Point Of Interest.. aku bingung untuk istilah ini, POI ini dari perspektif mana?
dari fotografer atau viewer?
kalo dari sudut pandang viewer tentunya wajar kalo mereka bilang "Batu yang besar pertama itu dihilangkan aja, mengganggu” karena focusnya bukan ke arah batu besar.
tapi kalo POI itu dari sisi fotografer berarti syah2 aja masukin batu besarnya.. dibawa pulang batu besarnya juga ga pa2 hhe..

Post a Comment